Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Wiper Mobil

Cara Menggunakan Wiper Mobil - Mengapa penting untuk mengetahui cara menggunakan wiper mobil dengan benar? Jawabannya karena wiper mobil merupakan salah satu fitur penting pada kendaraan roda empat. Wiper merupakan fitur yang sangat penting pada mobil dalam kaitannya dengan visibility, terutama ketika musim penghujan. Ini adalah fitur yang dapat membersihkan kaca ketika kondisi pengelihatan kita terhalang oleh air hujan. Wiper akan menyapu air yang berada di kaca mobil sehingga kita dapat melihat jalan dengan lebih jelas.

Oleh karena itu adalah suatu kewajiban bagi setiap pengguna mobil untuk dapat mengoprasikan wiper. Bagi mereka yang baru belajar mengemudi mobil, mungkin salah satu masalah yang dihadapi adalah bagaimana mengoperasikan wiper mobil dengan benar. Namun, mengingat betapa pentingnya fungsi wiper dalam kendaraan, artikel ini akan membahas tentang fungsi wiper dan cara mengoperasikannya dengan benar.

Saat ini, kebanyakan kendaraan, terutama kendaraan pribadi, dilengkapi dengan wiper pada bagian depan dan belakang kendaraan.

Pada tuas wiper mobil terdapat tulisan yang menandakan seberapa cepat wiper bekerja. Umumnya, terdapat 4 mode pengoperasian wiper pada mobil, yaitu mode MIST, INT, LO, dan HI. Selain itu, terdapat pula mode ON dan OFF untuk menghidupkan atau mematikan wiper mobil. Seperti apa perbedaanya dan bagaimana cara pengoprasiannya?
Operasikan Switch Wiper apakah setiap posisi switch bekerja dengan baik atau tidak

Pengoprasian Wiper: 

  1. MIST  : Wiper bekerja sekali
  2. OFF    : Berhenti
  3. INT     : Wiper bekerja Intermittent (sebentar-sebentar) pada kecepatan LO
  4. LO       : Pelan
  5. HI        : Cepat

Cara Mengeluarkan air washer:

Untuk mengeluarkan air pada bagian depan kaca mobil, cara yang dapat dilakukan adalah dengan menekan atau mendorong tuas pengoperasian wiper dan washer ke arah pengemudi atau ke arah depan kendaraan. Hal ini akan mengaktifkan sistem semprotan air (washer) yang akan menyemprotkan cairan ke kaca depan mobil, kemudian wiper akan bergerak secara otomatis untuk membersihkan kaca dari air dan kotoran.

Cara Mengoprasikan Wiper Mobil

  1. Jika kita mendorong 1 X maka air akan keluar dan wiper bekerja 1 kali
  2. Jika tuas pengoperasian wiper dan washer pada mobil ditekan dan ditahan ke arah depan atau ke arah pengemudi, maka semprotan air pada sistem washer akan keluar secara terus-menerus selama tuas tetap ditekan.
Cara Mengoprasikan Wiper Mobil
Untuk mengeluarkan air pada bagian belakang kaca mobil kita, caranya adalah putar tuas pengoprasian wiper dan washer ke arah bawah.
Cara Mengoprasikan Wiper Mobil

Dalam artikel ini akan dijelaskan cara menggunakan wiper mobil tergantung pada kondisi

Pengoprasian Wiper Depan

Kondisi 1

Pada kondisi cuaca gerimis atau kaca mobil yang berembun, biasanya Anda hanya perlu mengoperasikan wiper mobil sesaat agar kaca mobil kembali jernih.

Untuk mengoperasikan wiper mobil dalam waktu singkat saat kondisi gerimis atau berembun, caranya adalah dengan mendorong tuas pengoperasian wiper ke posisi MIST atau hanya sekali tarikan ke atas.

Cara Mengoprasikan Wiper Mobil

Kondisi 2

Apabila sedang turun hujan namun tidak terlalu lebat dan masih memungkinkan untuk melihat ke jalan, Anda dapat mengoperasikan wiper mobil pada posisi INT atau intermediate.

Cara pengoprasiannya adalah jika dari posisi off anda harus mendorong tuas pengoprasian wiper 1 X ke arah bawah kemudian wiper akan bergerak terus menerus namun pergerakannya hanya sesekali.

Cara Mengoprasikan Wiper Mobil

Kondisi 3

Jika kondisi hujan sedang gerimis namun mulai menjadi lebat, Anda dapat mengoperasikan wiper mobil pada posisi LO atau low. Posisi ini akan membuat wiper bergerak dengan lebih cepat dan kuat untuk membersihkan kaca mobil dari tetesan air hujan yang semakin banyak.

Cara Mengoprasikan Wiper Mobil

Anda bisa mengoperasikan wiper pada posisi (LO) dengan cara mendorong tuas pengoperasian wiper 1 X ke bawah dari posisi off. Kemudian wiper akan bergerak dengan kecepatan sedang.
Cara Mengoprasikan Wiper Mobil
Wiper Pada Posisi Lo

Kondisi 4

Pada kondisi hujan yang sangat lebat dan mengganggu pandangan, Anda dapat mengoperasikan wiper pada posisi (HI). 

Cara Mengoprasikan Wiper Mobil

Cara mengoperasikannya adalah dengan mendorong tuas pengoperasian wiper ke posisi paling atas (HI) dari posisi off. Dalam kondisi ini, wiper akan bergerak sangat cepat untuk membersihkan air hujan dari kaca depan mobil. Namun, sebaiknya Anda juga memperhatikan kecepatan mobil saat mengemudi di kondisi hujan yang sangat lebat untuk menghindari kecelakaan.

Cara Mengoprasikan Wiper Mobil
Wiper Pada Posisi Hi

Pengoprasian Wiper Belakang

Kondisi 1

Jika Anda hanya ingin mengoperasikan wiper belakang sekali, Anda bisa melakukannya dengan memutar ujung tuas ke arah bawah pada posisi OFF. Wiper belakang akan bergerak sekali dan kemudian berhenti kembali.

Kondisi 2

Jika anda ingin mengoprasiakan wiper belakang secara terus menerus anda bisa melakukannya dengan memutar ujung tuas ke arah atas (pada posisi ON).

Cara Mengoprasikan Wiper Mobil


Begitulah cara menggunakan wiper mobil, sebenarnya untuk mengoprasikan wiper mobil cukup mudah, sekarang kalian tinggal mencobanya langsung pada unit kendaraan dan tidak perlu kuatir lagi untuk berkendara dalam kondisi hujan. Kunjungi juga artikel lain di belajarsesuatu.id untuk mencari tahu seputar info otomotif lain.