Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Ruang Bakar

Jenis Ruang Bakar - Kendaraan yang kita gunakan sebagai alat transportasi kebanyakan menggunakan jenis motor bakar sebagai penggerak. Perlu kalian ketahui bahwa kendaraan bisa bergerak karena terdapat motor (penggerak). Dimana jenis penggerak yang paling umum digunakan pada kendaraan adalah jenis motor bakar. Kenapa namanya motor bakar? Yaa karena tenaga yang dihasilkan oleh penggerak ini diperoleh dari hasil pembakaran.

Pada internal Combustion Engine (motor pembakaran dalam) tenaga yang dihasilkan adalah dengan mengompresikan campuran udara dan bahan bakar sampai campuran tersebut terkompresi di ruang bakar dan dinyalakan sampai pada titiknyalanya (flash point) oleh busi. Pada ruang bakar inilah akan terjadi proses pembakaran sehingga engine bisa menghasilkan tenaga. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai proses pembakaran kamu bisa membaca lebih lengkap mengenai cara kerja mesin 4 langkah.

Apa Itu Ruang Bakar?

Ruang bakar (combustion chamber) adalah bagian dari kepala silinder (cylinder head) yang berfungsi sebagai tempat pembakaran campuran bahan bakar dan udara yang telah terkompresi dengan perbandingan kompresi tertentu. 

Ruang bakar pada motor bensin terdapat di atas kepala silinder (cylinder head) dan pada bagian cylinder head ini pula terdapat dudukan busi, lubang masuk bahan bakar (intake port)  dan lubang keluar gas sisa pembakaran (Exhaust port). 

Ruang bakar dirancang untuk mengoptimalkan pembakaran campuran bahan bakar dan udara. Komponen - komponen yang terhubung langsung dengan ruang bakar akan sangat mempengaruhi bentuk ruang bakar karenanya setiap kendaraan memiliki bentuk ruang bakar yang tidak sama.

Bentuk dari ruang bakar sangat berpengaruh dengan adanya penempatan 2 buah katup dan busi. Ada beberapa macam ruang bakar yang umum digunakan:

Jenis Ruang Bakar

1. Ruang Bakar Model Setengah Bulat

Jenis Ruang Bakar

Ruang Bakar Model Setengah Bulat

Ruang bakar model setengah bulat (hemispherical Combustion Chamber) ini memiliki permukaan yang lebih kecil dibandingkan dengan ruang bakar jenis lain dengan kapasitas yang sama. Ruang bakar jenis ini membuat efisiensi panas yang tinggi jika dibandingkan dengan jenis ruang bakar lain yang biasa digunakan pada internal combustion engine. Jenis ini juga membuat efisiensi pemasukan dan pembangan lebih tinggi.

2. Ruang Bakar Model Baji

Jenis Ruang Bakar

Ruang Bakar Model Baji

Ruang bakar model baji ( Wedge Type Combustion Chamber) ini memiliki konstruksi mekanisme katup yang lebih sederhana jika dibandingkan dengan ruang bakar model setengah bulat. Ruang bakar jenis ini memiliki efisiensi panas yang tinggi.

3. Ruang Bakar Model Bak Mandi

Jenis Ruang Bakar

Ruang Bakar Model Bak Mandi

Ruang bakar model bak mandi memiliki konstruksi yang sederhana dengan biaya produksi yang rendah. DImana diameter katup dari ruang bakar jenis ini lebih kecil jika dibandingkan dengan jenis ruang bakar yang lain. Kelemahan dari jenis ini adalah proses penghisapan dan pembuangan menjadi kurang sempurna jika dibandingkan dengan ruang bakar model setengah bulat.

4. Ruang Bakar Model Pentroof

Jenis Ruang Bakar

Ruang Bakar Model Pentroof

Ruang bakarini digunakan pada mesin yang memiliki jumlah katup hisap dan katup buang lebih dari 2 dalam tiap silindernya disusun sedemikian rupa antara katup dan poros nok nya. Disebut model pent roof karena jenis ruang bakar ini membentuk  segi empat, baik tegak maupun mendatar. Model jenis ini memberikan efek semburanyang baik dan lebih cepat terbakar dengan penempatan busi di tengah ruang bakar