Cara Kerja Mesin 4 Tak
Cara Kerja Mesin 4 Tak/Cara Kerja Motor Bensin 4 Langkah - Mesin 4 tak adalah mesin yang dalam satu kali siklus kerjanyanya terdiri dari 4 langkah torak. Apa itu langkah torak? berikut penjelasannya
Langkah Torak/Langkah Piston
Langkah torak/langkah piston adalah pergerakan piston dari Titik Mati Atas (TMA) ke Titik Mati Bawah (TMB).
Jadi satu langkah piston adalah dari TMA ke TMB atau sebaliknya. Nah kendaraan kita pada umumnya memakai jenis internal combustion engine (mesin pembakaran dalam). Apa yang dibakarnya? tentu saja bahan bakar. karenanya kita selalu ngisi bensin ketika tankinya kosong kan?
Contohnya adalah sepeda motor yang useful banget yang sering kita gunakan, bisa bergerak karena memakai penggerak (engine). Engine yang digunakan bisa menghasilkan tenaga untuk menggerak sepeda motor dan berakselerasi dikarenakan adanya tahapan di dalam engine. Simpelnya, Tahapan ini akan membuat bahan bakar terkonversi menjadi tenaga dan tenaganya bisa menggerakan kendaraan.
Tahapan ini dikenal dengan siklus kerja motor 4 langkah/4tak. kenapa 4 langkah? Jadi mesin pada kendaraan dirancang sedemikian rupa untuk dapat mengkonversi bahan bakar menjadi tenaga dalam bentuk gerak putar (untuk memutarkan roda).
Di dalam mesin 4 tak yang kita pakai untuk dapat menghasilkan tenaga dibutuhkan 4 kali langkah piston yang terdiri dari:
- Langkah Isap (TMA -TMB)
- Langkah Kompresi (TMB - TMA)
- Langkah Usaha (TMA -TMB)
- Langkah buang (TMB - TMA)
Cara kerja mesin 4 Tak
1. Langkah Isap
Cara kerja mesin 4 tak yang pertama adalah langkah Isap.
Pergerakan piston dari TMA ke TMB menyebabkan ruang silinder menjadi vakum. Akibat kevakuman ini campuran udara dan bahan bakar masuk ke dalam silinder melalui katup isap. Jadi langkah isap ini terjadi jika tekanan di dalam ruang silinder lebih rendah dari tekanan atmosfer.
2. Langkah Kompresi
Cara kerja mesin 4 tak yang kedua adalah langkah kompresi.
Pada langkah kompresi terjadi pengompresian campuran udara dan bahan bakar. Pada langkah ini terjadi perubahan volume yang membuat tekanan dan temperaturnya menjadi naik sehingga campuran udara dan bahan bakar menjadi mudah sekali terbakar. Sampai diakhir langkah kompresi busi memercikan bunga api dan terjadilah pembakaran.
3. Langkah Usaha
Cara kerja mesin 4 tak yang ketiga adalah langkah Usaha.
Piston bergerak dari TMA ke TMB, kedua katup tertutup. Torak bergerak menuju TMA dan pada kondisi tersebut volume ruang bakar menjadi seakin kecil sehingga tekanan dan temperatur di dalam silinder semakin tinggi Jadi pada saat piston hampir mencapai TMA / beberapa derajat sebelum TMA campuran udara dan bahan bakar yang telah dikompresikan kemudian dinyalakan oleh percikan bunga api dari busi sehingga terjadilah proses pembakaran.
Gas sisa pembakaran mampu mendorong piston untuk bergerak kembali dari TMA ke TMB. Pada langkah inilah dihasilkan tenaga dari hasil ledakan dari proses pembakaran.
4. Langkah Buang
Cara kerja mesin 4 tak yang ke-empat adalah langkah Buang.
Piston bergerak dari TMB ke TMA. Katup isap tertutup dan katup buang terbuka. Gerakan piston dari TMB ke TMA ini menyebabkan gas sisa pembakaran terdorong keluar dari ruang silinder, sehingga terjadi pengecilan volume dan pengurangan tekanan.
Jadi pada motor bensin 4 langkah dalam 1 kali siklusnya memerlukan 4 kali langkah piston dan 2 putaran poros engkol. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah!